GARIS BESAR PROGRAM PERKULIAHAN
Matakuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
SKS : 2 SKS
Tujuan Instruksional Umum (TIU) : Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila mampu memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan, cinta tanah air dalam menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu dan teknologi dengan rasa tanggung jawab dan bermoral.
Deskripsi Matakuliah : Berdasarkan Keputusan DIRJEN DIKTI No.43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-Rambu Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dinyatakan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi meliputi pengertian dan tujuan pendidikan kewarganegaraan, landasan ilmiah dan landasan hukum, Filsafat Pancasila, identitas nasional, demokrasi Indonesia, negara dan konstitusi, rule of law dan hak asasi manusia, geopolitik Indonesia, serta geostrategic Indonesia.
No.
|
POKOK BAHASAN
|
SUBPOKOK BAHASAN
|
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
REFERENSI
| ||
METODE
|
MEDIA
|
WAKTU
| |||||
1.
|
Pengantar
|
Penjelasan GBPP/Silabus
|
terpahaminya pengertian dan tujuan serta landasan ilmiah dan hukum pendidikan kewarganegaraan
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1
|
2.
|
Filsafat Pancasila
|
Pengertian filsafat, Pancasila sebagai sistem, dan Kesatuan antar-konsep antarsila
|
terpahaminya pengertian filsafat, Pancasila sebagai system, dan kesatuan antarkonsep antarsila
|
ceramah, diskusi
|
LCD, Multimedia, Film Dokumenter
|
2 X 50 menit
|
1,2
|
3.
|
Identitas Nasional
|
Pengertian Identitas Nasional, Faktor Pendukung, dan Pancasila sebagai Identitas Nasional
|
terpahaminya konsep identitas nasional, faktor pendukung, dan Pancasial sebagai identitas nasional
|
ceramah, diskusi
|
LCD, Multimedia,
Film
|
2 X 50 menit
|
1
|
4.
|
Negara
|
Pengertian Negara, Syarat Berdirinya Negara, dan Jenis-Jenis Negara
|
terpahaminya konsep negara, syarat-syarat berdirinya negara, dan jenis-jens negara
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1,2,3
|
5.
|
Konstitusi
|
Pengertian Konstitusi dan Konstitusi di Indonesia
|
terpahaminya pengertian konstitusi dan konstitusi Indonesia
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1,2,3
|
6.
|
Rule of Law
|
Konsep Negara Hukum dan Nilai dasar dalam Hukum: Keadilan, Kepastian, dan Kemanfaatan
|
terpahaminya pengertian konsep negara hukum dan nilai dasar dalam hukum (keadilan, kepastian, dan kemanfaatan)
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1,2,3
|
7.
|
REKAPITULASI
| ||||||
8.
|
REKAPITULASI UJIAN TENGAH SEMESTER
| ||||||
9.
|
Hak Asasi Manusia
|
Pengertian HAM, Konsep Manusia Menurut John Locke, Paham Komunis, dan Paham Indonesia
|
terpahami HAM, konsep komunis, dan paham Indonesia
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1
|
10.
|
Geopolitik
|
Pengertian Wawasan Nusantara, Faktor-Faktor Wawasan Nusantara, Unsur-Unsur Dasar, dan Implementasi Wawasan Nusantara
|
terpahaminya konsep, faktor-faktor, unsur-unsur, wawasan nusantara
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1
|
11.
|
Geostrategi
|
Geostrategi Indonesia
|
terpahaminya geostrategi Indonesia
|
2 X 50 menit
| |||
12.
|
Ketahanan Nasional
|
Ketahanan Nasional
|
terpahaminya ketahanan nasional dan kondisi.
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1
|
13.
|
Pancasila di Peta Ideologi Nasional
|
Pancasila di tengah konfigurasi ideologi nasio-nal
|
terpahaminya Pancasila di tengah konfigurasi ideologi nasional
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1
|
14.
|
HTAG
|
Hambatan, Tantangan, Ancaman, dan Gangguan
|
terpahaminya hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan
|
ceramah, diskusi
|
LCD
|
2 X 50 menit
|
1
|
15.
|
REKAPITULASI SEMESTER
| ||||||
16.
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
| ||||||
Evaluasi
Untuk lulus Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan, peserta didik harus memenuhi komponen sebagai berikut:
- Kehadiran 10 %,
- Tugas Terstruktur 20 %,
- Ujian Tengah Semester 30%, dan
- UJian Akhir Semester
Buku Wajib
Besar, Abdulkadir. Perubahan Undang-Undang Dasar UUD 1945 Tanpa Paradigama: Amandemen Bukan, Konstitusi Baru Setengah Hati. Jakarta: Pusat Studi Pancasila, 2002.
-----------. Pancasila: Refleksi Filsafati, Transformasi Ideologik, Niscayaan Metoda Berpikir. Jakarta: Pustaka Azhary, 2005.
Kaelan dan Achmad Zubaidi. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi Berdasarkan SK DIRJEN DIKTI Nomor 43/DIKTI/KEP/2006. Yogyakarta: Paradigma, 2007.
Comments
Post a Comment