Ekonomi Koperasi

Mengapa Perlu koperasi..??

Ekonomi Koperasi Part 1



Udah lama nih say gag nulis – nulis lagi.. gag ngepost – ngepost lagi hhheehhe.. jadi kangen nih ketemu kawan – kawan blogger. Temen – temen apa kabar semua nihh, semoga baik baik saja yahh.. untuk tulisan saya kali ini saya akan membahas mengenai ekonomi koperasi yahh..!!   okehh kalo gitu langsung saja kita bahas,  sebenernya apa sih manfaat dan peranan dari ekonomi koperasi itu ..?? whoo, ada yang tau gak, jadi ekonomi koperasi itu memiliki beberapa manfaat peranan yaitu :
1.       Sebagai alat perjuangan ekonomi masyarakat
2.       Sebagai alat pendidikan
3.       Efisien usaha
4.       Dan menjaga kelancaran pelayanan anggota
Nahh ,, sekarang kita cari tahu lagi kenapa sih kita perlu koperasi ?
1.       Perpektif ilmu sosiologi, menyatakan bahwa  pada hakekatnya manusia adalah makhluk sosial yang memerlukn dukungan dari sesama manusia  tidak terbatas bisa hidup sendiri, melainkan saling membutuhkan di dalam koperasi ditemukan semangat saling mendukung dan saling maju bersama diatas sesama anggota yang berarti sejalan dengan pandangan kaum sosial.
2.       Dari sudut etis religius , mengharapkan hendaknya manusia itu tidak hanya hidup dengan bentuk materi fisik & tidak menimbulkan kerugian sesama manusia, melainkan    hendaknya dibuat baik dan saling tolong menolong di dalam koperasi ditemukan rasa kebersamaan yang sejalan dengan pandangan kaum religius dan etika
3.       Dari ilmu ekonomi, pembangunan pendekatan pemberdayaan dalam mengatasi kelemahan masyarakat melalui pendekatan individu melainkan pendekatan keluarga dengan pendekatan keluarga akan terdapat kepemilikan kolektif yang pada gilirannya menciptakan bargainning position dalam menghadapi pasar dengan berkoperasi maka terdapat semangat kebersamaan dan efisiensi,usaha yang pada gilirannya dapat meninggalkan posisi tawar koperasi di dalam pencakupan dunia usaha.
4.       Dari sudut konstitusi (UU 1945) bahwa tujuan bangsa bernegara adalah untuk memajukan kesejahteraan umum yang mengandung makna bahwa kemakmuran semua orang yang diutamakan dari pada orang per orang. Selain itu, diamanahkan pula bumi dan air beserta segala isinya dikuasai oleh orang dan diperuntukkan untuk kesejahteraan seluruh rakyat. Dengan berkoperasi akan mencapai kemanfaatan yang dinikmati secara merata oleh anggota – anggotanya yang pada gilirannya mendorong aktivitas ekonomi sebanyak banyaknya dikalangan masyarakat dengan demikian strategi pemberdayan ekonomi masyarakat melalui gerakan koperasi adalah sejalan dengan amanat konstitusi.
5.       Sejarah perekonomian indonesia, ketika terjadi krisis moneter yang berlanjut dengan krisis moneter ekonomi koperasi dunia. Usaha besar menghadapi kesulitan yang sangat serius karena daya serap tingkat penjualan yang rendah kewajiban membayar utang yang besar, kenaikan kursdolar yang sangat tinggi menyebabkan faktor – faktor produksi menjadi mahal yang berakibat biaya produksi menjadi tinggi sehingga pilihannya likuidasi, merger, atau collapse(stop). Tetapi jika pilihannya menghentikan (stop) aktivitasnya dihadapkan kewajiban membayar utang melalui restrukturisasi yang tidak mudah dilakukan & masalah buruh atau tinkat tenaga kerja. Konsep trickle down effect juga tidak terbukti karena para pengusaha besar ketika itu ingin membangun konglomerasi dari hulu ke hilir sehingga aktivitas bisnis dengan keluarga lain makin sempit. Dalam nuansa demikian roda perekonomian bangsa indonesia hanya bisa digerakkan oleh keluarga usaha skala kecil , mikro & koperasi yang kebetulan tidak mempunyai beban utang yang besar dan tetap beroperasi di dalam lingkungannya. Fenomena itu membuktikan bahwa keberadaan usaha mikro kecil, dan koperasi di indonesia merupakan hal yang penting dan perlu dikembangkan demi kesinambungan aktivitas ekonomi di masyarakat.   

Comments